Jumat, 02 Maret 2018

Pengalaman Ujian JLPT N3

Sudah dua kali saya mengikuti ujian JLPT N3. Alhamdulillah, meskipun di ujian yang kedua belum lulus, tetapi hasilnya kian membaik. Sebagai bukan sarjana jurusan bahasa Jepang, hanya sempat belajar level dasar di Universitas Hiroshima, level N3 terasa cukup sulit. Awalnya saya nyaris tidak bisa menjawab apapun di ujian pertama. Namun di ujian yang kedua saya memahami 50% soal ujian, Alhamdulillah.


Ujian kedua Desember 2017, saya menggunakan buku-buku rujukan diantaranya: Nihonggo sou matome listening, reading, kanji, grammar, dan vocabulary. Untuk kanji dan vocabulary saya membelinya di kinokuniya Jakarta. Sementara reading, grammar, dan listening saya peroleh bentuk pdf nya dari internet. Saat ini saya kembali mempelajari minna no nihonggo 1 dan 2 sebelum kembali ke nihonggo sou matome. Ternyata baik minna no nihonggo maupun sou matome membahas hal yang serupa. 

Tidak ada komentar: