Kamis, 08 Maret 2018

Pengalaman Ujian JLPT N3

Alhamdulillah senang sekali bisa dua kali mengikuti ujian JLPT N3, meskipun belum lulus juga 😁. Berhubung bagi saya belajar dan ujian bahasa Jepang adalah hobi, maka lulus tidaknya tetap menyenangkan. Ujian pertama saya nyaris 100% tidak mengerti atau asal menjawab, sementara ujian kedua kalinya Alhamdulillah memahami 50% dari soal ujian. Tahun ini, semoga saja lulus agar bisa melangkah ke level berikutnya امين.

Buku yang saya gunakan untuk ujian N3 adalah nihonggo sou matome kanji dan vocabulary yang saya beli di Kinokuniya Jakarta. Sementara versi reading, listening, dan grammar nya saya peroleh online berbentuk pdf. Alhamdulillah berbekal itu saya pun lumayan paham saat ujian yang kedua.

Kali ini jelang ujian ketiga, saya menggunakan pula Minna no Nihonggo 1 dan 2. Melanjutkan kembali buku Nihonggo sou matome yang belum selesai dipelajari, dan mengulang yang sudah dibaca.

Review dari ujian Desember 2017 lalu, nampaknya saya nyaris 100% tidak menangkap pembicaraan dalam soal ujian. Tapi anehnya nilainya 50%. Sepertinya saya cukup beruntung menebak jawaban, sebab dalam ujian JLPT kita boleh menebak dan jawaban salah tidak memiliki nilai minus.

Berikut ini hasil ujian JLPT N3 saya tahun 2017. Doakan saya berhasil tahun ini ya..

3 komentar:

Daily life blogger mengatakan...

Assalamualaikum
Salam kenal mba, saya juga baru ikut n3 desember 2018, rasanya memang cukup susah terutama di bagian bunpo dan goi saya nyaris ngasal semua :(
Saya nyoba n3 karena sudah lulus N4, dan ternyata gap N4 dan N3 lumayan juga hehe


Semoga bisa sama-sama punya sertifikat N3 ya mba aamiin :)

Anonim mengatakan...

biar lulus itu harus capai point berapa

Eka D. Fajariyanti mengatakan...

Salam kenal. Iya betul sulit sekali N3 ini... tapi senang ya ikut ujiannya. Semangat juga..

Untuk batas lulus seingat saya minimal 50%nya, silahkan dicek lagi betul tidaknya karena sudah agak lama tidak ikut tes JLPT. Apalagi sejak pandemi tidak ada tes lagi ya.