Rabu, 15 Agustus 2012

Tips Mengajar Bimbingan Belajar

Mengajar siswa-siswi bimbingan belajar merupakan hal yang menantang. Apalagi jika Anda diminta untuk mengajar mulai level SD hingga SMA. Masing-masing level memiliki tingkat kesulitan tersendiri.

Khusus level SD, pelajaran yang diajarkan memang tidak sesulit level-level di atasnya. Namun pada level ini Anda dituntut untuk menjadi pengajar yang kreatif. Kreatif khususnya dalam menyampaikan materi dengan menyenangkan dan menarik bagi anak-anak usia 10 s.d. 12 tahun. Tips mengajar pada level ini diantaranya,:

1. Selalu siapkan game/ permainan yang sesuai dengan materi yang Anda sampaikan. Rentang atensi/ perhatian mereka sangat singkat. Mereka mudah bosan dan gemar mengobrol dengan teman-temannya. Bukan hal yang aneh bila anda sebagai pengajar seringkali diabaikan bila Anda terus menyampaikan materi, tanpa disisipi metode lain.
2. Ciptakan kompetisi. Siswa SD senang dengan kompetisi, baik itu berupa pemberian bintang bagi yang dapat menjawab, atau bagaimana menjadi tim dengan nilai terbesar.
3. Iming-imingi dengan hadiah. Hadiah dapat berupa makanan ringan, kertas berbentuk bintang, atau boleh pulang duluan. Biasanya jika situasi belajar seru, mereka yang berhak pulang duluan tidak bersedia pulang.

Sementara untuk mengajar level SMP dan SMA, Anda tidak harus berpusing-pusing dalam menyiapkan game. Namun apabila Anda dapat menampilkan tayangan video atau gambar yang menarik, akan menjadi poin plus. Bagaimanapun akan membosankan mendengarkan penyampaian materi yang searah, secara terus menerus. Cara lain untuk menyampaikan materi adalah dengan memberikan soal-soal latihan atau kuis, lalu membahasnya bersama. Diharapkan dengan demikian, Anda dapat mengukur pemahaman mereka akan materi, sekaligus membuat mereka tetap aktif di kelas.

Semoga tips ini bermanfaat. Selamat mengajar!

salah satu slide mengajar





2 komentar:

Bimbingan Belajar Anak mengatakan...

Terlebih untuk mengajar anak usia dini dalam menumbuhkan minat membaca atau belajar memang harus dengan, penuh kesabaran karena dunia anak usia dini masih terlalu senang dengan namanya bermain, tidak harus berlama-lama dalam mendampingi anak belajar karena jika waktu yang digunakan untuk belajar anak usia dini terlalu lama yang ada hanya rasa bosan saja...nice share..

lesmatematikaakong mengatakan...

Saya setuju kalau mengajarkan anak itu memang harus dari usia sejak kecil, karena dengan itu semakin lama anak itu akan menyenanginya dan terbawa hingga dewasa, salam
lesmatematikaakong