Senin, 09 Juli 2012

Tips Sebelum Berangkat ke Jepang

Bagi Anda yang baru pertama kali pergi ke Jepang, tentu perlu persiapan tersendiri supaya kunjungan Anda ke negeri Sakura jadi kunjungan yang menyenangkan. Berikut tips agar Anda siap berpetualang di negeri matahari terbit:

1. Bahasa Jepang

Apabila Anda mahir berbahasa Jepang, perjalanan Anda akan jadi lebih mudah. Anda bisa menemukan berbagai petunjuk berupa tulisan dan peta selama perjalanan. Anda juga dapat bertanya pada orang-orang Jepang yang Anda temui, apabila Anda tersesat. Menurut pengalaman saya, orang-orang Jepang akan menunjukkan arah dengan ramah dan senang pada orang asing.

Lain halnya apabila Anda tidak mahir berbahasa Jepang. Anda akan menemukan kesulitan membaca petunjuk jalan berupa huruf kanji di berbagai tempat. Namun jangan berkecil hati, penulis yang tidak pandai berbahasa Jepang pun bisa berkeliling Jepang sendirian. Asalkan sebelum perjalanan Anda mencari informasi sebanyak mungkin, baik melalui media internet maupun buku petunjuk perjalanan, maka kendala bahasa dapat teratasi.

2. Barang Bawaan

Apabila budget Anda tak terbatas, pada dasarnya Anda tidak perlu membawa berbagai barang bawaan. Anda bisa membeli segala yang Anda butuhkan, setibanya Anda di Jepang. Kalau pun budget Anda terbatas, Anda dapat mengunjungi toko hyaku en (tertulis "100 ¥"). Di sana dijual berbagai perabot dengan harga 100 ¥/ 105 ¥ setelah ditambahkan pajak. 

Penulis sarankan, jangan membawa alat elektronik. Seringkali spesifikasi elektronik Jepang dengan negara lain tidaklah sama. Akibatnya, sia-sia saja, Anda tidak dapat menggunakan alat tersebut. Kecuali apabila Anda dapat menemukan konektor yang tepat.

3. Mental

Persiapkan mental Anda akan berbagai hal yang mungkin terjadi. Penulis pernah diminta membuka koper untuk diperiksa, karena dikhawatirkan membawa barang-barang terlarang. Sebaiknya cek dahulu barang-barang apa saja yang terlarang, seperti narkotika, biji-bijian, dsb. Siapkan pula diri Anda akan prosedur pengecekan di bandara yang formal. Siapkan telinga Anda dengan bahasa Jepang yang akan terdengar dimana-mana, yang mulanya agak memusingkan bila Anda tidak terbiasa. 

Berbagai persiapan bisa jadi menimbulkan stres tersendiri, apalagi bila kunjungan ini adalah kunjungan untuk pertama kalinya dan tanpa pemandu. Namun tenang saja, Jepang adalah negara yang aman dan bersahabat. Anda dapat menemukan keramahan di berbagai tempat. Anda pun akan terkesan dengan betapa uniknya negara ini.

Happy Safe Trip!!

winter in Hiroshima




Tidak ada komentar: